KONSEP dan KONTEKS


Sudah sejatinya jika kita mendalami suatu ilmu maka muaranya adalah kita harus paham terlebih dahulu tentang asal usul,konsep dan konteks dari ilmu tsb.Ibaratnya jika kita hendak membeli sebuah rumah kita harus tahu dulu dimana letaknya,berapa ukurannya,apa fasilitasnya dst..

Sebagai mahasiswa komunikasi dengan spesifikasi public relations,selain menguasai writing skill dan publik speaking atau skill2 lainnya,sudah hakikatnya kita mengerti terlebih dahulu seperti apa ilmu dasarnya yaitu komunikasi,apa sebenarnya profesi public relations,apa yg membedakannya dengan profesi profesional lainnya,fungsi2 apa yang ada didalamnya..Itu semualah yang akan kita bahas sekarang..

Dalam era globalisasi dimana interaksi antara aspek-aspek kehidupan ekonomi,politik,sosial,budaya menjadi semakin kompleks,maka dibutuhkanlah suatu sistem untuk mengatur itu semua.Public relations adalah salah satu dari profesi yang memiliki kapasitas untuk itu.Public relations adalah profesi yang membahas hubungan antara organisasi dan stakeholder-nya,stakeholder itu ada 2: internal dan eksternal.Siapa yang disebut stakeholder?jawabanya adalah tergantung dari apa bentuk organisasinya.Organisasi bermacam2 ada yang kecil dan ada yang besar.Organisasi yang paling besar dinegara kita adalah ya negara Indonesia itu sendiri.Kita ambil contoh jika organisasinya adalah sebuah perusahaan manufacturing,maka yang termasuk stakeholder internal adalah karyawan,keluarga karyawan,para pemegang saham.Sedangkan stakeholder eksternalnya adalah pemerintah,calon investor,komunitas(masyarakat sekitar),konsumen,kompetitor(saingan perusahaan),distributor,suplier(pemasok).


KONSEP PUBLIC RELATIONS

Tidak sedikit orang yang mengaitkan profesi PR sekedar teknik persuasi atau bujukan.Bahkan ada seorang pengkritik yang menyebutkan bahwa "Sebuah industri yang didesain untuk merubah persepsi,membentuk ulang realitas,dan merekayasa kepatuhan." Mereka pengkritik itu hanya tidak tahu lebih dalam tentang apa konsep dari profesi ini yang sebenarnya.

Tehnik persuasi adalah komunikasi satu arah,komunikasi dimana hanya satun pihak yang aktif.Sedangkan PR adalah komunikasi 2 arah,kedua komunikan aktif dalam memahami pesan.

Webster's Third New Internatinal Dictionary:"Seni atau ilmu tentang pengembangan pemahaman resiprokal dan goodwill(kehendak baik)"

Singkatnya,komunikasi 1 arah berindikasi pada propaganda,biasanya dalam bentuk publisitas.Memang PR juga menciptakan publisitas,tapi tidak sekedar untuk itu.Ada manajeman crisis,dan strategy PR yang juga merupakan aspek PR.

KONTEKS PR
Konteks adalah situasi dimana kita dapat dikatakan sedang melakukan kegiatan PR.Menurut Society Of America,sebagai fungsi manajemen,PR mencakup hal2 sbb:
1.Memperkirakan,menganalisis dan menginterpretasi opini2 publik dan isu2 yang mungkin memperngaruhi operasional organisasi.
Jadi PR harus aware terhadap publik,dekat dengan publik dan jadi orang pertama yang tahu tentang isu yang berkembang dimasyarakat terkai
t dengan kegiatan organisasinya
2.Memberi saran kepada manajemen sehubungan dengan pembuatan keputusan dan komunikasi dengan tetap mempertimbangkan kepentingan publik sebagai tanggung jawab sosial organisasi.
PR harus menjadi penasihat perusahaan dan mengingatkan bahwa perusahaan harus tetap memikirkan publik dan mengedepankan kepentingan publik.

3.Meriset,melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan2 komunikasi organisasi secara rutin.Ini mencakup progam marketing,finansial,pengumpulan dana,karyawan,komunitas,pemerintah dll.
PR harus melakukan kegiatan rutin komunikasi,seperti mengadakan pengumpulan dana untuk korban bencana alam,melakukan family gathering,dll.
4.Merencanakan dan mengimplementasikan usaha organisasi untuk mempengaruhi kebijakan publik.
Kalau kalian sudah paham tentang 2 fungsi PR yaitu public affair dan Lobying,nah ini terkait dengan PR dan hubungannya dengan salah satu stakeholder yaitu pemerintah.Pr harus dekat dengan pemerintah yang membuat kebijakan terkait dengan aktivitas organisasinya.Seorang PR diperusahaan perikanan maka dia harus dekat dengan pejabat di departemen perikanan.
5.Mengelola sumber daya untuk melakukan semua kegiatan diatas.
Sumber daya termasuk anggaran,training staff,pengembangan fasilitas,rekruitmen.Dan untuk melakukan hal2 tsb PR harus bekerja sama dengan funsi manajemen lainnya,seperti departemen SDM dan keuangan.

PUBLIC RELATIONS vs MARKETING&ADVERTISING


Marketing: "Saya cantik loh!"



Advertising: "Saya cantik! saya cantik! saya cantik!"



PR(menggunakan pihak ke-3) : "Dia cantik loh!"



Get a point?Gini loh..Marketing,PR dan advertising sama2 bertujuan 1 yaitu BRANDING!Tapi dengan trik dan cara yang berbeda.Percakapan diatas bertujuan untuk menciptakan branding "cantik" di benak pihak 2 tentang pihak 1.Marketing dan advertising menggunakan trik yang hampir sama yaitu dengan komunikasi langsung ke subjek tujuan.Memang agak narsis narsis yah?kalo kita sendiri menyebut diri cantik cantik dan cantik..Sedangkan PR menggunakan pihak ke-3 untuk menyampaikan hal tsb.Kalo kata PR :biarlah orang lain yang menyebut saya cantik daripada diri saya sendiri yang menyebut itu.


Marketing adalah fungs manajemen yang mengidentifikasi kebutuhan manusia,menawarkan produk/jasa untuk memenuhi permintaan konsumen dan menyebabkan adanya transaksi.


Public relations adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publiknya.


Baik PR atau Marketing mereka sama2 fungsi manajemen,namun beda objek.Marketing objeknya adalah KONSUMEN,sedangkan PR objeknya lebih luas yaitu PUBLIK/STAKEHOLDER dan konsumen termasuk didalam stakeholder PR (seperti yang sudah saya sebutkan diatas).Ada yang mengatakan bahwa PR adalah alat marketing!Jika kita sudah benar2 mengetahui konsep dari kedua profesi ini,seharusnya kita paham bahwa justru marketing lah yang merupakan alat PR.


Dan satu lagi perbedaanya,hasil marketing dapat dihitung secara kuantitatif yaitu dalam bentuk LABA,sedangkan PR biasanya secara kulitatif yaitu CITRA dan REPUTASI.



Sekian dulu ya teman2 nanti postingan berikutnya tentang FUNGSI dan Peran PR