CORPORATE PUBLIC RELATIONS
Terdahulu saya sudah membahas tentang 4 peran PR menurut buku effective Public Relations kayra Scot.M.Cutlip,yaitu :Communication technician,Expert Prescriber,Problem solving facillitator,Communication Facillitator.
Namun ada dua peran besar untuk mengklasifikasikan peranan PR di perusahaan,yaitu Corporate PR,dan Marketing PR,yang sering disingkat CPR dan MPR.Dalam postingan ini saya akan membahas lebih dalam tentang apa itu CPR,bagaimana publiknya,apa Pekerjaannya,dll.
CPR adalah staff khusus yang berada dibawah naungan langsung CEO.Tanggung jawabnya adalah komunikasi internal dan eksternal perusahaan serta penanganan krisis management.Perannya pun sangat strategis.Seperti apa peranan yang strategis?yaitu mereka berhak mengantisispasi,mengidentifikasi,menangani,dan mengevaluasi segala bentuk problem yang mempengaruhi citra dan reputasi perusahaannya.Jadi bisa disebut CPR memegang peranan sebagai expert Prescriber dan Problem solving facilitator.
Prinsip kerja CPR adalah untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi dengan membentuk dan menjaga reputasi/citra melalui progam2 komunikasi.Kepercayaan publik adalah kunci tujuan dari CPR.
Public relations memiliki berbagai macam publik baik internal maupun eksternal.CPR mencakup seluruh publik tsb berbeda dengan MPR yang hanya mencakup publik konsumen.Publik internal PR adalah mereka yang berada didalam organisasi,antara lain :karyawan,pemegang saham(investor),keluarga karyawan.Sedangkan publik eksternalnya antara lain calon investor,komunitas,opinion leader,kompetitor,distributor,suplier,pemerintah
,pers/media.
Internal Public relations
Aktivitas2 yang dapat dilakukan PR terkait hubungannya dengan publik internal antara lain:
*Hubungan dengan karyawan:
1.Kegiatan2 rutin guna mempererat hubungan antara manajemen dan karyawan.Dalam pertemuan ini dapat dibahas problem2 sekaligus di musyawarahkan untuk mencari pemecahannya.
2.Membuat buku pegangan karyawan.Buku itu berisi jobdisc dari masing2 karyawan,peraturan perusahaan,serta hak dan kewajiban karyawan.
3.Menyediakan kotak suara karyawan.Hal ini perlu agar manajemen mengetahui keinginan2 serta keluh kesah karyawan.
4.Hiburan,darmawisata dan olahraga.Kegiatan ini perlu untuk menyenagkan hati karyawan dan menyalurkan bakat karyawan dibidang olahraga.Dengan kegiatan ini loyalitas karyawan dengan sendirinya akan terbentuk.
5.Menyediakan saran prasarana yang memadai dilingkungan kantor.Seperti tempat ibadah,klinik kesehatan,kantin,dll
6.Mmemberikan award kepada karyawan berprestasi.
*Hubungan dengan keluarga karyawan:
1.Mengadakan family gathering guna mempererat tali silahturahmi antara karyawan dan keluarga karyawan lainnya.
2.Menyediakan beasiswa pendidikan untuk anak karyawan yang berprestasi
*Hubungan dengan investor
1.Laporan kepada pemegang saham, pertemuan antara pimpinan perusahaan dan pemegang saham untuk pertanggungjawaban dalam bidang keuangan. Sehingga para pemegang saham tetap menaruh kepercayaan karena merasa ikut serta membina perusahaan dan mengetahui kegunaan uangnya.
Eksternal Public Relations
1.Hubungan dengan komunitas yaitu dengan mengadakan progam2 kegiatan guna mengatasi masalah lingkungan tempat perusahaan dan komunitas berada.Progam ini sering disebut Corporate Social Responsibility (CSR).Misalnya kegiatan progam air bersih untuk warga sekitar,progam keamanan,fasilitas sosial/umum.Jika hubungan dengan komunitas baik maka lingkungan kerja pun menjadi nyaman.Masyarakat tidak merasa hanya dimanfaatkan oleh perusahaan,tetapi kepentingannya pun ternyata diperhatikan oleh perusahaan.
2.Hubungan dengan media sering disebut dengan media relations.Hubungan ini penting karena salah satu Jobdisc PR adalah Publisitas,maka media lah alat untuk mendukung kegiatan tsb.
misalnya agar press conference yang kita buat diterbitkan oleh media maka selain isinya menarik kita juga harus memiliki hubungan yang baik dengan media tsb.Kita dapat mengadakan media gathering untuk mewujudkan hal tsb.Lebih jauhnya hubungan dengan media ini menjadi penting jika kita ingin mengontrol,mencegah,dan meminimalisir berita2 negatif tentang perusahaan kita.
3.Hubungan dengan Opinion leader dengan mengadakan opinion leader gathering,memberikan bahan berita kepada mereka terkait dengan issue yang menyangkut organisasi.Kegiatan itu diperlukan agar opinion leader memiliki pendapat/opini yang sama dengan organisasi guna mempersuasi pendapat publik.Opinion leader adalah orang2 yang memiliki kapasitas sebagai orang ke-3 yang dapat menginspirasi masyarakat.Yang termasuk opinion leader antara lain tokoh masyarakat,pemuka agama,pejabat negara,dan selebritis.
4.Hubungan dengan pemerintah.Masih ingat 2 fungsi PR yaitu Lobying dan press agentry?yah inilah yang saya maksud.Hubungan pemerintah bertujuan agar kita dapat menyesuaikan kebijakan sesuai dengan kebiajakan yang akan pemerintah terapkan terkait dengan kegiatan perusahaan.
Dua kegiatan diatas yaitu Internal PR & Eksternal PR
bertujuan satu: membangun dan menjaga hubungan yang baik antara publik dan
organisasi guna mendukung tujuan organisasi.