PERAN PR DALAM LEMBAGA PROFIT DAN NON PROFIT


Dalam pertemuan terakhir,dosen saya membahas tentang peranan PR dalam organisasi PROFIT dan Non profit

Meminjam istilah om wiki maka didapatkan definisi sbb:

Organisasi non profit adalah organisasi yang bertujuan untuk menarik perhatian publik yang tidak berdasarkan faktor komersial.Contohnya adalah lembaga keagamaan,lembaga pemerintah,Lembaga masyarakat dan sosial,lembaga pendidikan,lembaga politik,rumah sakit,lembaga bantuan hukum

Organisasi profit adalah organisasi yang bertujuan terhadap keuntungan,orientasinya adalah laba.Contoh organisasinya adalah organisasi bisnis dan industri.

Baik profit maupun nonprofit peran PR sama2 menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan publik terhadap organisasi.Dalam hal ini citra dan reputasi lah yang dituju.

Dalam modulnya ibu Diah Wardhani,maka diklarifikasikan 4 macam peranan PR baik dalam organisasi prifit maupun nonprofit sbb:
1.Peranan PR didalam lembaga bisnis dan industri
2.Peranan PR didalam lembaga pemerintahan dan politik
3.Peranan PR dalam lembaga nonprofit
4.Peranan PR didalam asosiasi dan perserikatan pekerja.


Peran PR dalam Lembaga Bisnis dan Industri


Dalam lembaga ini PR tidak hanya mengerjakan hal2 teknis namun sudah mulai menduduki prosisi strategis di dalam manajemen.Dalam posisi ini PR sebagai communication technician,dan manager role (communication facilitator,problem solving facilitator,expert prescriber).Dalam peranan ini PR berfungsi sebagai pemikir filososfi dari perusahaan itu sendiri,seperti pembentuk visi misi,corporate identity.

PR juga berperan meningkatkan loyalitas karyawan.Banyak hal yang dapat dilakukan untuk urusan ini seperti kampanye service of excellent,kampanye ISO,family gathering dll.Bagaimanapun hubungan dengan publik internal masih cukup penting mengingat bahwa setiap karyawan adalah PR perusahaan itu sendiri.

Loyalitas yang diperlukan tidak hanya berasal dari karyawan saja,melainkan diperlukan juga loyalitas komunitas (masyarakat dilingkungan organisasi) dan terhadap pemerintah.Maka dari itu PR juga harus melaksanakan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat sekitar.Kegiatan ini biasanya dalam bentuk CSR.Menurut modul Bu Diah Wardhani,tuntutan publik dan pemerintah terhadap perusahaan profit adalah sbb:
1.Pelestarian lingkungan
2.Kualitas produk dan jasa
3.kesejahteraan karyawan
4.Jaminan Keamana kerja
5.Bantuan saran sosial untuk komunitas

Menghadapi persaingan produk/jasa di era kompetisi saat ini,mendorong PR dalam lembaga ini berperan pokok sebagai pendukung bagian pemasaran/penjualan yang bisa kita sebut Marketing PR atau MPR.PR berfungsi sebagai penarik minat calon konsumen terhadap produk/jasa melalui progam2 komunikasi.PR sebagai pencipta pasar sebelum produk itu diluncurkan.Misalnya saat sebuah perusahaan produsen mobil hendak meluncurkan mobil keluarga,PR menciptakan suasana publik dimana pentingnya atau menariknya mobil tipe keluarga ini.PR menciptakan isu2 berkaitan dengan mobil jenis ini.Maka sebelum mobil diluncurkan,pasar sudah terbentuk dari waktu sebelumnya.Seperti yang sudah saya bahas dalam postingan sebelumnya,mengapa MPR penting dalam organisasi profit?karena mengingat tidak lagi efisiennya iklan dan promosi dalam memasarkan produk,maka PR menjadi penting terutama untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap produk perusahaan.


Peran PR dalam Lembaga Pemerintah dan Politik

PR dalam lembaga pemerintah dan politik adalah kebalikan dari PR dalam lembaga profit/bisnis.Lembaga ini berada dalam zona Much Change-Low Threat.Publik PR dalam lembaga ini sangat luas baik internal maupun eksternal.PR dalam lembaga ini memiliki peran yang tidak begitu luas dibanding dalam lembaga bisnis.PR hanya berperan sebagai communication technician,melakukan hal2 teknis saja.Yang paling menonjol adalah menyampaikan kegiatan pemerintah kepada masyarakat dalam bentuk publisitas.PR juga menampung keluh kesah masyarakat terhadap kinerja pemerintah,namun tetap dalam hal umpan baliknya kembali lagi ke pemrintah itu sendiri.

PR pemerintah juga berperan sebagai communication facilitator antara pemerintah (eksekutif) dan lembaga legislatif (DPR).Oleh karena itu PR dalam lembaga ini harus memiliki kemampuan politik.

Rahmadi mengungkapkan tugas2 PR pemerintah sbb:
1.Memberikan pengertian dan penerangan kepada masyarakat tentang kebijakan2 publik yang dibuat oleh pemerintah.PR sebagai mata dan telinga pemerintah harus turut mensukseskan progam pemerintah terutama dalam hal pelayanan masyarakat.
2.Menyediakan baha informasi terhadap media tentang kebijakan2 yang dibuat pemerintah.
3.Promosi kegiatan pemerintah terhadap publik luar atau dalam negeri.
4.Memonitor pendapat umum tentang kegiatan pemerintah.


Peranan PR dalam Lembaga Nonprofit

Lembaga non profit yang jauh dari orientasi komersial berbeda aktivitasnya dengan perusahaan profit maupun pemerintahan.Berbeda dengan pemerintah dalam hal ruang lingkup yang lebih sempit.Pemerintah memiliki publik yang luas yaitu seluruh masyarakat,sedangkan lembaga non profit tidak.Lembaga non profit memperjuangkan progam,misi kepedulian dan kemanusiaan.

Scott M.Cutlip dalam bukunya Effective PR menyebutkan 5 fungsi PR di organisasi non profit sbb:
1.Mengembangkan awareness masyarakat terhadap citra organisasi
2.Menciptakan media komunikasi yang tepat antara publik dan organisasi
3.Menciptaka iklim fundraising
4.Memformulasikan kebijakan publik yang berkaitan dengan misi organisasi

Salah satu organisasi non profit yang melakukan fungsi PR adalah Mer-C,LSM yang mengkhususkan dirinya dalam bantuan kesehatan korban bencana alam.Kegiatan Mer-C meliputi kerjasama dengan media dalam bentuk dukungan publisitas,kerjasama dengan profit company dalam hal dukungan sponsor,kerjasama dengan pemerintah.

Di era globalisasi,dimana organisasi non profit tidak lagi bisa bergantung hanya kepada pemodal dana,beberapa lembaga non profit memadukan unsur marketing dalam kegiatannya.Contoh nyatanya adalah kegiatan rumah sakit dan pendidikan.Rumah sakit-rumah sakit dan beberapa perguruan tinggi mulai berorientasi profit .Namun laba tsb dipakai kembali untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit maupun untuk proses belajar mengajar yang lebih baik.

Peranan PR dalam Asosiasi dan Serikat Pekerja

Peranan PR dalam lembaga ini adalah sebagai communication facilitator tentang kepentingan2 anggota asosiasi untuk diperbincangkan dan dicari pemecahan masalahnya.