MENGUNGKAP LEBIH DALAM PERAN PR

1.COMMUNICATION TECHNICIAN
Setiap orang yang memulai karirnya sebagai praktisi PR pasti memulainya dengan keahlian sebagai communication technician.Peran ini biasanya melakukan fungsi2 teknis seperti publikasi(press relase,advertorial,in house journal),menyiapkan bahan pidato,menghubungi media,kliping koran.Karena hanya sekedar melakukan hal2 teknis maka PR ini tidak akan dilibatkan dalam pengambilan keputusan yang sejatinya dilakukan oleh manajemen tingkat atas.Peran mereka hanya sebagai tools dan pemngimplementasia progam yang sudah dibuat oleh manajemen.

2.COMUNICATION FACILITATOR
PR dalam peranan ini adalah mereka2 yang menjadi jembatan komunikasi antara organisasi dan publiknya.Mereka berperan sebagai sumber infomasi bagi setiap orang.Mereka membantu pemecahan masalah yang berkaitan dengan komunikasi.Sebagai mediator,mereka menyusun dan memantapkan agenda komunikasi bagi kedua belah pihak (organisasi dan publiknya).PR dalam peranan ini bertugas untuk memberikan pemahaman kepada publik akan maksud organisasi begitupun sebaliknya.

3.PROBLEM SOLVING FACILITATOR
Peran PR ini berperan sebagai pembantu manajemen dalam memecahkan masalah2 organisasi.Untuk PR yang bekerja dalam konsultan PR,mereka mengajak manajemen klien bersama2 untuk merencanakan dan melaksanakan progam2 PR.Bedanya dengan peran Expert prescriber adalah dalam peran ini manajemen yang bersangkutan cenderung aktif.Manajemen tidak hanya memberikan tanggung jawab penuh terhadap PR.

4.EXPERT PRESCRIBER
Dalam peran ini,PR dianggap yang paling ahli dalam masalah organisasi.Mereka mendefinisikan masalah lalu memutuskan progam apa yang cocok untuk dijalankan.Biasanya PR ini berada dalam top management sebagai pemikir strategis.Pihak manajemen bergantung sepenuhnya terhadap PR ini.Bedanya dengan problem solving facilitator adalah keterlibatan manajemen adalah pasif