1. SEOUL TOWER ( AGAIN)

How to go : by subway go to Donguk Univ station (line 3) exit 6, continued by Bus No 02,03,06 to Namsan seoul tower, walked about 5 minutes.

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya bahwa tujuan pertama kami hari ke-4 ini adalah Namsam Seoul Tower. Masih melekat pengalaman malam hari sebelumnya dimana saya dan teman korea saya harus menaiki ratusan anak tangga untuk dapat menuju ke atas tower, no no no kalo harus merana lagi,hiks

Berangkat dari Bong house pukul 10 pagi, kami janjian dengan salah seorang teman dadakan asal New zealand tapi muka Jepang bernama Sam! Yes, masih ada yang ingat kisah kami hampir ketinggalan subway di Incheon Airport? Yap, kebetulan saat itu kami bertukar nomor telepon dan kemudian Sam mengontek dan menawarkan diri bergabung dalam trip. Pagi itu Sam menjemput kami di Hyehwa station dan bersama2 menuju (station apa yah, saya lupa hahaha) , kemudian perjalanan di lanjutkan dengan Bus No ( saya lupa hahaha).

Perjalanan kurang lebih hanya 30 menit, bus ini membawa kami sampai ke atas Namsan tower ( Alhamdulillah yah gak naik tangga lagi). Sampai pukul 11.30 saat cuaca kurang mendukung, hujan rintik2 membuat udara lebih dingin dari biasanya. Tips untuk yang ingin jalan saat spring, walaupun udara tidak sedingin winter, kamu harus tetap sediakan sarung tangan di tas, sehingga saat cuaca dingin tiba2 datang ata saat hujan turun, kamu bisa menggunakan sarung tangan supaya tangan tidak beku.

the bus is pretty cool~

Yap, inilah Sam yang bermata sipit. Sam bercerita bahwa ini adalah kali kedua dia ke Namsan tower, karena sebelumnya dia sudah pernah ke tempat ini pada umur 5 tahun. Jadiii Sam akan menjadi tour guide kami hari ini, yeaaaay

the morning view from the top of Seoul city were still amazing ~
Turun dari bus dan taraa inilah view yang berada tepat di belakang halte bus

It was rainy day and had checked the temparature was about 7degree~

The well prepared thing that I did was still bring hand gloves in everywhere~

Koperpacker genk~

clean, wet and still pretty~

Dari halte bus kami menanjak menuju tower utama. Benar2 pemandangan dan jalan yang sama sekali berbeda dengan yang saya lewati semalam bersama Hyunwoo dan Yeonju.

Akhirnya sampai juga di tempat yang sama saya berpose semalam. Bedanya kali ini terang dan hujan rintik2.

Di atas Namsan Tower terdapat N gift shop yang menjual oleh2 atau pernak pernik lucu. Saya membeli gembok dan juga spidol untuk menulis gembok tsb dan memasang nya di tumpukan gembok2 cinta yang sungguh fenomenal ini. hahahah. Gembok dan spidol kurang lebih seharga 5,000krw.

I have my own key lock~

Dingin2 main diluar, melipirlah kedalam tower dan saya memberikan suggestion kepada teman2 untuk lunch ditempat yang sama seperti semalam, cikeen bukeet hahahaha

Ada yang bisa bacain nama restonya apa?

Bu ibuk pak bapak, seru amat diskusi nya :))) makan disini kurang lebih kami menghabiskan 60,000krw untuk ber-6

Kalo saya nilai yah, orang2 korea ini senang sekali meninggalkan jejak2 cinta di setiap sudut tempat wisatanya. Kalo kesini jangan lupa yah bawa sepidol warna warni.

2. LOTTE WORLD

Jam menunjukan pukul 3 sore,hujan cukup deras siang itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Lotte world. Mall ini cukup unik karena terhubung langsung dengan subway. Sehingga kami tidak perlu repot2 berhujan2 ria untuk masuk kedalamnya.

Sesampainya di Lotte world kami keliling2 mall, ramai sekali yah molnya. Niat hati ingin ke Seokchon lake yang berada tidak jauh dari Lotte world namun karena hujan yang tidak kunjung reda, rencana kami batalkan dan kami memutuskan kembali ke Bong house, karena malam nanti kita ke Busaaaan...yuhuuuuuuuu

3. Express Bus Terminal

Hasil gambar untuk express bus terminal seoul

Pukul 9 malam setelah istirahat dan beres2 sejenak di Bong house, kami cuss menuju Busan. Ada kejadian lucu dimana kita nyasar guys! hahahah karena kami tidak tahu bagaimana menuju Express Bus Terminal. Jadi kami turun entah di station apa, keluar dari station pada saat gerimis mengundang, udara dingin dan ketemu ahjuhsi2 mabok beduaan di pinggir jalan.astgara... Untunglah di tengah kebingungan anak2 perantau ini ada oopaa2 baik hati yg pandai bahasa inggris menasehati kami eh menunjukan jalan yang benar hahahah, karena u know guys, hari semakin malam jam 11.30 dimana bentar lagi subway tutup jadi kita lari2 kaya orgil masuk lagi ke station dan Alhamdullilah masih ada subway dan sampailah kami ke express bus terminal.

Di express bus terminal kami juga masih lari2 kaya orgil berharap masih ada bus menuju Busan, dan yaaahhh sampai depan tiket box tiket bus malam itu sudah soldout dan baru akan ada untuk bus jam 5 pagi. OMG nginep dong di sini? Tapi akhirnya dewi fortuna masih berpihak, diberitahukan kembali bahwa ada bus yang akan berangkat pukul 1.30 pagi dan kami segera membeli tiket PP saat itu juga seharga 63,000 krw per tiket. Sebenarnya untuk menuju Busan ada alternatif lain yaitu menggungkan Arex (kereta cepat hanya 2 jam) seharga 80,000 krw.

Menunggu kurang lebih 1 jam kami duduk2 cantik di waiting room yang super hangat, ada tv dan sofa2 empuk didalamnya. Kemudian kami naik ke atas bus executive yang saya harus akui bahwa itu adalah kali pertama saya naik bus paling keren dan nyaman selama hidup saya. hahahaha Formasi bangkunya adalah 2:1, super kokoh kursinya, ada selonjoran kaki yang bisa di naik turunkan, ada stop kontak.

Tips naik bus di Korea, tinggalkan budaya di Indonesia yang selalu berfikiran semua orang ngaret, maka di korea tidak ada yang namanya bus ngaret, sangat ontime bahkan 1 menit pun tidak telat dan tidak kecepetan juga. Saat bus mulai jalan lampu dimatikan, kemudian saya mendengarkan musik dengan headset, karena lelahnya hari itu saya kemudian langsung tertidur walaupun masih bobo2 ayam juga sih. Tapi yang menakjubkan adalah apakah karena saking halusnya aspal di sana, saya tidak pernah merasakan bus ini ugal2an atau sekedar masuk lobang karena sooo smooottth perjalanan malam itu, hening , damai dan hanya suara rem bus yang terdengar beberapa kali. Perjalanan malam itu kami tempuh selama 4 jam dimana kami kemudian sampai pukul 5.30 di Busan.

Korea Day 4 :
5.30 pm   : left to GH
12.00 pm : arrived at express bus terminal
01.30 am : went to Busan

Jangan lupa baca juga kisah saya lainnya  :