FEATURE


Feature adalah satu dari sekian tugas menjelang uang yang diberikan dosen kepada kami mahasiswanya. Ada 3 pilihan tema: Peringatan natal dan tahun baru 2011, Final Piala Suzuki AFF 2010, atau New year Resolutions for Jakarta's Citizen.

Sebelum buat paper nya, tentu kita harus tau dan paham dulu dong feature itu apa sih? Yang jelas feature itu adalah karya jurnalistik juga. Namun yang membedakan feature dengan berita2 lain adalah feature gak harus memenuhi kaidah 5w1H seperti hal nya news, tajuk rencana,kolom dan artikel lainnya.

Ciri2 feature:

1.Mengandung segi human interest
Jadi feature itu masuk kedalam softnews (berita ringan),beda loh sama hardnews yang untuk memahami isi nya kita harus "agak" berfikir keras.hehe Intinya feature itu harus mampu menggugah emosi dan menghibur pembacanya.

2.Mengandung unsur sastra
Feature di tulis dengan gaya penulisan fiksi.Maksudnya adalah kita buat feature itu seakan akan kita lagi cerita langsung. Yaa semacam tulisan seperti novel atau cerpen lah,menghibur namun tetep informatif dan faktual.


Jenis2 feature:

1.Feature berita
Sumbernya adalah berita2 aktual.Misalnya nih saya angkat tema uas milik saya "Final piala AFF 2010" bisa tuh bikin feature tentang kisah para TKI pada saat mereka menonton langsung pertandingan di Malaysia sana..atau kisah sukses para penjual atribut Timnas di GBK selama musim pertandingan atau cerita tentang keluarga salah satu pemain mungkin? dan banyak hal lainnya yang bisa kita angkat.

2.Feature artikel
Nah kalo yang ini sastra nya lebih kental. Kita harus menulis tentang suatu kejadian,peristiwa,moment,pemikiran,ilmu pengetahuan yang sudah tidak aktual lagi.Misalnya tentang aliran feminis di segala penjuru dunia, atau kisah korban tsunami Aceh.


Selain jenis,Feature juga ada tipe2 nya,nih dia....

1.Feature human interest,misalnya tentang kisah anak penderita autis, kisah masa kecil pengusaha yang kini telah sukses,dll

2.feature biografi,misalnya biografi presiden barack obama,bigrafi atlet berprestasi,dll

3.Feature perjalanan. Nah ini dia...sering saya dapetin blog2 traveling milik orang2 yang menceritakan kisah mereka saat berkeliling dunia.Biasanya dalam ceritanya pengarang menggunakan sapaan "aku" "saya" karena dialah yang terlibat langsung didalamnya.

4.Feature sejarah.Misalnya tentang kisah masuknya Islam ke Nusantara, kisah Wali songo.dll

5.Feature tips. Misalnya tentang memelihara tanaman hias,cara mendesain rumah.dll


Daaan....kekuatan sebuah feature ada pada LEAD.yap,lead adalah kalimat pembuka cerita.Ingat selain harus singkat,lead juga harus menarik dan mengadung inti atau maksud dari cerita yang akan kita suguhkan. Jadiiii buatlah pembaca dapat menebak isi feature dari lead yang kita buat..


sekian dan terima kasih
Selamat membuat feature! :)