In House Magazine


IHM juga satu dari sekian banyak tugas PR writing yang kudu saya rampungkan sebelum UAS. IHM adalah majalah internal perusahaan yang di terbitkan dalam kurun waktu satu caturwulan. Redaksi yang ngebuat IHM biasanya berada di bawah departemen Komunikasi/Public relations. IHM perlu ada di perusahaan terutama perusahaan2 besar yang memiliki jumlah karyawan sangat banyak. Oleh karena itu IHM dimanfaatkan untuk menyampaikan kebijakan perusahaan kepada seluruh karyawannya, sebagai wadah penyalur aspirasi karyawan, sebagai jembatan komunikasi anatara karyawan dan manajemen. Secara garis besar IHM diperlukan untuk mempererat hubungan antar karyawan.

IHM tentu berbeda dengan majalah2 biasa seperti Go girl,Cleo,gadis,kawanku dan lain2..IHM tentu harus berisi content2 yang berkesinambungan dengan image perusahaan. Saya ambil contoh misalnya Perusahaan Rumah sakit beserta kontent2 nya sbb...

Standard Format:

Cover depan : Disesuaikan dengan tema IHM . Misal IHM terbit menjelang hari natal,maka pasanglah cover pohon natal.

Editorial & Sambutan General Manager (halaman 1) : Editorial berisi ucapan pembuka dari redaksi.Dibawahnya berisi kata sambutan dari GM,selain itu bisa di cantumkan susunan redaksi juga.

Special Event ( Hal 2) : Mengulas tentang event besar yang baru saja di laksanakan oleh rumah sakit. Misalnya event famili gathering, staff party dll

Newest Info (Hal 3) : Berisi informasi hangat tentang rumah sakit,misalnya berita tentang rumah sakit yang baru saja meraih award, atau fasilitas rumah sakit yang baru saja diterapkan.

Around Us (Hal 4 ) : Berisi tentang informasi aktivitas karyawan seperti kegiatan olahraga,bakti sosial,birthday party.

Feature (Hal 5) : Mengulas tentang topik yang berkaitan dengan dunia kerja yang dapat dijadikan referensi oleh karyawan. Misalnya feature tentang stress management,time management, kiat sukses meniti karier dll

Training activity ( Hal 6) : Liputan tentang training yang akan dan sudah dilakukan oleh rumah sakit. Isinya adalah informasi jumlah peserta training,photo2 training,dll

HR data (Hal 7) : Informasi tentang karyawan baru ,karyawan yang dipromosikan naik jabatan.

Profile (Hal 8) : Berisi profile employee of the year, karyawan role model,dll

Departemental review (hal 9) : Tentang review salah satu departemen.Hal ini diperlukan antar departemen saling mengenal satu sama lain.

Book Review (hal 10) : Review buku baru tentang kesehatan atau tumah sakit.

Tip and Joke (hal 11) : berisi cerita2 lucu dan tips2.Misal tips makan sehat untuk penderita diabetes,pokoknya harus berhubungan dengan rumah sakit dan kesehatan.

Family News (hal12) : Berisi tentang pernikahan karyawan,karyawan yang baru melahirkan,atau anggota keluarga karyawan yang baru meningal. Dibawah ulasan dan foto2 nya dicantumkan testimoni dari karyawan lainnya. Misalnya ucapan selamat salah satu karyawan terhadap rekan karyawan lainnya yang baru saja menikah.



sekian ulasan saya
Selamat membuat IHM :D