Arcos, Rastro de São Pedro on I Love Climbing:


Halooo.....postingan pertama di 2017

Today, this post mungkin buat diri saya sendiri yang lagi butuh resolusi what I have done in last year and what I have to do in 2017.


Sekedar informasi saya mulai bekerja di perusahaan sekarang selama 1,5 tahun sebagai sales. Yap sales, gak tau kenapa saya mulai enjoy dengan job ini, which is sales2 lain mungkin banyak juga yang malu sama title nya, tapi saya malah selalu pede ( beda tipis sama kepedean) kali ya.... ;p

Pernah saat reuni ngobrol sama salah seorang teman ...

teman : kerja dimana sekarang?
saya : di perusahaan...
teman : sebagai apa va?
saya : sales
teman : sales?? cumlaude kok jadi sales Va?
saya : so what? sales di tempat gue cumlaude semua, bahkan ada yang S2 luar negeri ;p

Kemudian obrolan dengan orang tua saat baru lulus kuliah....

mom : kenapa gak coba apply di bank BUMN itu lagi? ( on the last year of study, saya udah lolos tes di situ, tapi gak jadi masuk karena final test pas diminta ijazah cuma bisa ngasih ijazah SMA, hahaha anak kuliah kok nekat apply cv )
saya : gak passion mah, kerjaan sekretaris gitu monoton
mom : terus lebih passion jadi sales gitu?
saya : iya di jalanin aja dulu, kayaknya asik, duitnya juga lumayan

then here I am...3 tahun sudah jadi seorang sales


Kita masuk ke part pamer-pameran nya. Saya akan bagi2 tips n trick kenapa saya bisa nge-hit almost 180% in the first year I worked and being the best achievement sales in regional, wohooo....

Here we go..

1. Seeing opportunity when others none

Sales itu harus punya insting yang kuat. Pandai melihat celah dimana uang bisa dihasilkan, dimana dan bagaimana bisnis bisa dikembangkan, bagaimana bisa ngasih added value untuk jasa yang kita jual. Ini hal pertama yang saya kerjakan di minggu2 pertama induction : Saya bertanya dalam diri saya sendiri (dari pertama sampai sekarang juga masih), apa yang paling laku saya jual sekarang ini, trend nya bagaimana, cara approach client yang paling efektif bagaimana, pricing yang pas bagaimana, kolaborasi sama delivery team yang paling enak bagaimana. Intinya apa yang paling dibutuhin client dulu itu adalah hal pertama yang harus kita tahu,  setelah itu lets take whole effort to meet their needs-jangan pernah setengah-setengah.

2. Set a spesifik goals in every short time

Kebetulan target di set up per quarter. it easier buat saya yang sebelumnya punya target bulanan.
but it didnt make my self go slow down, buat saya mencapai target sales bukan seperti lomba lari dimana di awal kamu harus safe energy dengan lari pelan2 barulah di rally terakhir kamu harus lari lebih kencang, NO! sales adalah sebaliknya, kamu harus plan your tactical earlier, nge gas sekenceng-kencengnya di awal. Misal target kamu 10, in the middle of the road u have to hit more than 70% ( kalo sanggup), atau setiap 3 bulan kamu harus capai more than 100% dari quater target itu. Ya memang kelihatannya ini semua tentang manajemen waktu, just understand the value of your time!

3. Keep a to do project list
Pacar saya di kantor itu adalah notebook/organizer book! kalo gak da dia (misal lupa naro/ketinggalan disuatu tempat) aku galau :( Yap, tulis semua apa yang harus kamu lakukan esok hari secara detail di buku itu. tulisan tidak perlu bagus dan rapi, yang penting dikerjakan!
Saya gunakan metode centrang/ponten ala ibu bapak guru buat tasks yang udah kelar di kerjain. Jadi ketika esok harinya saya harus bolak balik catetan kemarin untuk sekedar re-check ada tidak tugas yang belum selesai.

4. Talk about ideas
Jangan ragu dan takut untuk mengungkapkan ide-ide yang kita punya. Selama kamu bisa ngeyakinin atasan dan rekan kerja bahwa itu bagus dan akan ngebantu ngejar target, pasti mereka akan support.
Tunjukan bahwa kamu punya intelligent dan experience yang bagus di bidang ini, but keep humble , karena tidak semua orang suka dengan orang baru yang omongannya gede ;p

5. Don't critize and don't make excuse
Kalo kamu mau berhasil di suatu tempat, hal yang harus kamu lakukan saat jadi orang baru di sebuah tim adalah, dont critize anything! Mungkin tempat baru gak sesuai dengan ekspektasi kita, mungkin bos nya gak enak, mungkin rekan kerja nya gak asik, mungkin sistem nya gak bagus..yang di butuhkan hanya 1 hal : Cari celah! pasti ada kok, asal tadi itu, kamu harus punya insting sales yang kuat, itu membantu kamu banyak...dan saya selalu percaya succes people dont make excuses , they make improvements!


~Winners are not people who never fail, they're people who never quit~