Dear  cantikku Valinsa Ayesha Hervani,


3 tahun lalu tepat ditanggal yang sama, kita berdua sama2 berjuang untuk bisa bertemu di dunia yang indah ini, cuma satu kesan yang ibu miliki saat itu hingga hari ini, hari dimana ibu menulis ini, kamu anak hebat Nak!

Kamu hebat dalam segala hal, ibu bicara seperti ini bukan karena kamu anak ibu , tapi memang kamu hebat Nak!

Pada postingan sebelumnya ibu sudah cerita panjang lebar terkait bagaimana kuatnya kamu menemani ibu sampai meraih gelar sarjana, bagaimana responsifnya kamu saat ibu minta cepat2 meluncur dan membuat proses persalinan ibu lancar sehingga ibu bisa wisuda tepat waktu, lalu bagaimana sabar dan pintarnya kamu melakukan inisiasi dini menyusui dengan kondisi puting ibu yang tidak user friendly hehehe, makasih juga yah Nak atas kerjasama yang baik sehingga ibu bisa memberikan asi ekslusif 6 bulan dan lanjut menyusui sampai usiamu 20bulan, ibu sangat menghargai usahamu yang sangat keras kala itu Nak!

Memasuki usia 3 tahun ini pun, kamu semakin menjadi anak yang hebat!

2 bulan lalu saat pertama kali ibu mengantarmu ke sekolah di hari pertamamu, betapa terharu dan senangnya ibu melihat bagaimana supel dan tidak kikuknya kamu berkenalan dengan teman2 baru yang usianya lebih tua darimu. Kamu menjawab dengan lancar setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh bunda guru, kamu mengerjakan apa yang di ajarkan oleh bunda guru, setiap petuah dan ilmu kamu serap dengan baik, walaupun jujur sikap egois yang ada di dirimu belum sepenuhnya hilang.

Apa yang ibu sampaikan ini, bukan untuk menuntut kamu supaya tetap menjadi anak hebat, ambisius dan perfeksionis, tapi Ibu hanya ingin kamu ingat bahwa apapun yang akan kamu hadapi di hari esok, susah, senang ,baik buruknya kamu, ibu akan jadi orang pertama yang tempat kamu bisa mengembalikan kepercayaan dirimu, bahwa kamu anak yang hebat dimata ibu.


Nak, selamat ulang tahun yang ke-3 di tanggal 6 Desember 2017 ini.

Sesuai nama yang ibu dan ayah berikan, semoga kamu sehat selalu lahir dan batin tanpa kekurangan satu apapun. Pun kalau kamu tidak menjadi yang paling hebat tidak apa, yang penting kesehatan selalu menyertaimu supaya kamu bisa menjaga dan merawat ayah dan ibu kelak saat kesehatan tidak berpihak lagi kepada kami.

Nak, maafkan ibu jika belum bisa menjadi ibu yang terhebat buat kamu saat ini. Ibu tidak selalu ada buat kamu, dimana kamu butuh disuapin makanan, dimandiiin, di kelonin bobo, dipilihin baju selepas mandi, diajari membaca, mengaji dan berhitung, maaf jika bukan ibu yang berperan disana...

Nak, maafkan ibu jika ibu lebih sering bawelin kamu daripada mendidik kamu dengan santun, jujur saja ibu masih dalam proses belajar bagaimana cara mendidik anak yang lebih baik. Ibu bukan lah ibu yang sempurna, namun doa ibu akan selalu menyertaimu kemanapun kamu akan melangkah di dunia ini, ada ibu disana tempat kamu pulang jikala kamu lelah nantinya.

Terkadang ibu sedih saat mendengar orang lain lebih memahami kamu dibandingkan ibu.

"Oh, Valin lebih suka sama makanan yang rasa ini, dia lebih suka sama baju yang ini daripada yang itu" 

Maaf Nak, karena ibu bukan orang pertama yang melihat perkembangan dan perubahan di dalam diri kamu.

Ibu akan memastikan bahwa kamu akan mendapatkan kebahagiaan masa kecil seperti anak yang lainnya dan yang lebih baik dari yang apa ibu miliki dulu.

Ibu akan berusaha membuat masa kecilmu penuh suka cita Valinsa anaku sayang, hingga kelak kamu dewasa nanti, kamu harus menjadi bahagia, itu janji ibu.

Nak, mungkin di usia mu yang 3 tahun ini kita akan semakin jarang bertemu, karena ibu akan melanjutkan studi. Mungkin akan lebih sering lagi ibu berangkat disaat kamu belum bangun dan pulang disaat kamu sudah tertidur. Setelah itu berakhir Ibu janji akan meluangkan waktu lebih banyak dengan kamu.

Percayalah apa yang ibu sedang kerjakan saat ini adalah untuk memastikan bahwa kamu bisa mendapatkan fasilitas2 yang sama baiknya dengan teman2mu yang lain. Walaupun apa yg ibu berikan bukan yang paling baik, Bersyukurlah Nak, atas apa yang kamu miliki saat ini, karena hanya dengan cara itu kamu bisa memaknai apa artinya kehidupan.

I love you, Valinsa.